Posted by : nihon techno 11/03/2016


Apa sih Teknologi Digital itu?

Teknologi Digital adalah sebuah sistem teknologi yang pengoperasionalnya tidak banyak membutuhkan tenaga manusia lagi. Tetapi lebih cenderung pada sistem pengoperasian yang serba otomatis dan canggih dengan menggunakan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sebuah sistem menghitung dengan sangat cepat yang dapat memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.
Teknologi digital sudah menggunakan sistem bit dan bite, untuk menyimpan dan memproses data, sistem digital mempekerjakan sejumlah besar switch listrik mikroskopis yang hanya memiliki dua keadaan atau nilai. Switch biner ini bisa dalam keadaan on atau off, satu atau nol, ya atau tidak, hitam atau putih.

Berbagai alat yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan alat tersebut sudah sering kita gunakan seperti televisi, radio, komputer/laptop, dan telepon. Berbagai alat tersebut pada mulanya ditemukan dengan memakai sistem yang berbasis analog, tapi karena adanya perkembangan teknologi dan penemuan teknologi digital sehingga membuat alat-alat sederhana seperti yang disebutkan di atas tersebut menjadi semakin canggih karena sekarang kebanyakan pengoperasiaanya menggunakan system berbasis digital.

Keuntungan yang dimiliki oleh Teknologi Digital antara lain:
  1. Sangat mengurangi jumlah data yang diperlukan untuk memproses, menyimpan, meng-display, dan mengirim informasi.
  2. Bisa mereproduksi data dengan tidak terbatas jumlahnya tanpa pengurangan kualitas.
  3. Bisa dengan mudah memanipulasi data dengan presisi tinggi.
Semakin berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin pesat. Sesuatu yang dapat dibilang mustahil terwujud pada masa lalu, dapat menjadi kenyataan pada zaman ini maupun pada zaman yang akan datang. Contohnya VR, AR, ataupun televisi tiga dimensi. Pada zaman sekarang semua alat ini sudah dapat dinikmati, tapi pada masa yang akan datang mungkin alat seperti ini sudah biasa digunakan dan akan muncul suatu sistem yang lebih canggih lagi. Kemajuan teknologi sudah benar-benar memanjakan kehidupan manusia dalam mengakses suatu sistem.
Perkembangan teknologi juga membawa hal yang baru, yang disebut revolusi komunikasi. Hal itu dikarenakan, perkembangan teknologi yang bisa dikatakan paling pesat adalah perkembangan di dalam bidang komunikasi.

Teknologi digital pada saat ini sangat penting dalam bidang IT. Apa lagi pada zaman sekarang perkembangan dunia IT sangat cepat. Maka dari itu dibutuhkan teknologi digital sebagai pelengkap. Kenapa tidak teknologi analog? Karena teknologi digital bisa dikatakan sebuah signal yang mampu menyamai perkembangan IT, sedangkan teknologi analog sebuah signal sebelum yang dapat digunakan sebelum teknologi digital diciptakan alias teknologi kuno. Keakurasian dan pengiriman signal tentu saja lebih akurat pada teknologi digital sebab teknologi digital sudah menggunakan sistem biner (0 dan 1) sedangkan teknologi analog masih menggunakan sistem gelombang.

Keistimewaan Teknologi Digital dalam dunia IT antara lain:
  1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  2. Penggunaan yang berulang–ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
  3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
  4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
sumber:
dortesom blog
larassmaharani blog

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. untuk tulisan yang ini oke, tapi agak kurang jika dibandingkan tulisan sebelumnya

    BalasHapus

Suryo ~ Copyright ©. Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Suryo ~ Copyright © Nihon-Techno -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -