Posted by : nihon techno 5/16/2016

Bahasan untuk Phobia kali ini mengenai Anuptaphobia, Apa sih itu?

Anuptaphobia yaitu takut lajang atau jomblo, apakah dari kalian ada yang jomblo? atau mengidap akan phobia ini?


Fobia yang aneh ini biasa terjadi dikalangan remaja atau seseorang yang sedang mencari jati diri. orang yang mengidap phobia ini akan merasa terpacu untuk mencari pasangan, baik yang pria maupun wanita. Karena mereka tak hanya tidak nyaman menjadi jomblo tetapi juga ketakutan setengah mati bahwa mereka akan menjadi jomblo selamanya.

Seperti yang dilansir dari phobiasource.com, anuptaphobia ini didefinisikan sebagai rasa takut yang berlebihan ketika berstatus lajang atau jomblo. Orang yang memiliki fobia ini biasanya takut melajang selamanya atau juga takut mereka telah menikahi orang yang salah.

Dalam kasus ini, anuptaphobia memiliki beberapa tingkatan, dari yang tingkat aman sampai tingkat parah. Pada tingkat aman, penderita seringkali membayangkan apa yang akan mereka lakukan dengan orang yang kelak menjadi pasangan mereka. Tak hanya itu, mereka juga sering membayangkan seperti apa pasangan yang ditakdirkan untuk mereka.

Sementara pada tahap yang parah, penderita anuptaphobia bisa bertindak tak masuk akal seperti memilih sembarang orang untuk dijadikan pasangan atau bahkan cepat menikah tanpa berpikir panjang. Karena ketakutan melajang ini, banyak orang yang bertahan dalam pernikahan buruk walaupun sudah sering disakiti oleh pasangan.

Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang mengidap Anuptaphobia:
Pria:
-Selalu barganti pasangan
-Selalu mencari pasangan yang sempurna
-Selalu merasa pasangannya salah dan tidak cocok untuk dirinya
-Tidak bisa menjomblo dalam waktu yang lama

Wanita:
-Bertahan pada suatu hubungan karena tidak ingin diputuskan oleh pacarnya
-Takut ditinggal sendirian
-Selalu berpikiran negatif tentang dirinya
-Takut tidak bisa mendapat pacar lagi jika sudah diputuskan pacarnya

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia ini adalah dengan meyakini bahwa menjadi jomblo dan lajang bukanlah sebuah hukuman atau hal yang buruk. Terapi berbicara atau perilaku juga bisa dilakukan untuk menolong penderita anuptaphobia menghilangkan ketakutannya.

Sumber:
merdeka.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Suryo ~ Copyright ©. Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Suryo ~ Copyright © Nihon-Techno -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -