Posted by : nihon techno 10/04/2016

1. Pengertian

  • Inovasi

Inovasi adalah sebuah gagasan baru untuk memperbaharui suatu produk atau jasa.

  • Sistem Informasi

Sistem Informasi  adalah sebuah penggabungan dari teknologi informasi dan aktivitas seseorang yang menggunakan teknologi yang digunakan untuk pengoperasian dan manajemen.

  • Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah suatu istilah umum untuk teknologi apa pun yang sangat membantu manusia dalam hal membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

  • Modern

Kata modern biasanya pada sesuatu yang lebih “terkini”, “kekinian”, “baru” dsb.
Jadi, pengertian dari Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern adalah sebuah gagasan yang bertujuan untuk memperbaharui suatu teknologi yang berguna dan/atau dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi secara terbaru di masa kini maupun masa yang akan datang.

2. Manfaat


Banyak sekali manfaat yang dapat diterapkan dalam dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pendidikan hingga ke bisnis. 
Berikut ini pemanfaatan IT di kehidupan sehari-hari, antara lain:

* Menambah ilmu pengetahuan dan sarana informasi,
* Sebagai alat komunikasi,

Secara umum, manfaat IT antara lain :

* Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi,
* Terbukanya peluang bisnis yang baru,
* Terciptanya e-learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki system pendidikan,
* Terciptanya lapangan pekerjaan,


3. Contoh


Dari berbagai macam manfaat di atas, banyak sekali contoh yang bisa didapat dalam penerapan Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern, antara lain :

  • Sebagai ilmu pengetahuan dan sarana informasi

Internet, dengan ada internet kita dapat mengakses berbagai informasi yang di inginkan melalui layanan google atau yahoo ataupun layanan lainnya, kita tinggal tulis/ketik apa yang ingin kita cari,
  • Media, saat ini media terdapat 2 macam, yakni media cetak dan media elektronik.
Media Cetak, media ini termasuk teknologi informasi karena memiliki fungsi untuk menyimpan, atau menyebarkan pesan/informasi kepada banyak orang, seperti surat kabar dan majalah.

Media Elektronik, berbeda dengan media cetak, media elektronik terlihat lebih canggih sehingga mampu menyampaikan pesan/informasi berupa gambar, tulisan, suara hingga vidio, contohnya komputer, televisi, radio.

  • Sebagai alat komunikasi

Handphone, dengan adanya alat yang satu ini kita dapat berkomunikasi dengan orang yang lebih jauh dan lebih cepat. Saat ini handphone lebih dikenal dengan nama smartphone karena dengan keunggulannya bisa dipergunakan untuk apa saja tidak hanya bisa menelepon, smartphone ini bisa dipergunakan untuk mencari informasi, saat ini smartphone menggunakan sistem Android atau IOS.

  • Terciptanya e-learning

Mungkin pada zaman yang akan datang para siswa/mahasiswa tidak lagi menggunakan buku. untuk memanfaatkan teknologi, mereka hanya membutuhkan sebuah media elektronik seperti perangkat komputer, laptop, notebook, atau smartphone yang dilengkapi dengan jaringan internet. Jadi para siswa/mahasiswa dapat mengunduh atau mendownload buku/modul/materi yang akan dipelajari.

  • Terbukanya peluang bisnis dan lapangan pekerjaan

Dengan menggunakan sebuah perangkat laptop dan/atau komputer yang dilengkapi dengan sebuah jaringan internet, seseorang dapat membuat sebuah bisnis yang disebut “e-commerce”, dengan adanya e-commerce membuka peluang pekerjaan juga bagi yang membutuhkan, seseorang tersebut dapat menjual berbagai macam produk dan jasa.


Sumber :


{ 1 komentar... read them below or add one }

Suryo ~ Copyright ©. Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Suryo ~ Copyright © Nihon-Techno -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -